Senin, 28 Januari 2013

motor dahlander 3 fasa

Mesin induksi 3 fase sangat kuat dan cirinya yang bebas kerusakan karena kesederhanaan ; merupakan jenis motor yang paling banyak digunakan untuk pemakaian industri. Di sini hanya terdapat 3 bagian penting yaitu : gulungan stator dan rotor sangkar hubung singkat (squirrel cage). Namun demikian, terdapat banyak ciri – ciri tambahan.
Motor dahlander adalah motor dengan 2 putaran atau lebih. Adanya 2 macam lilitan yang terpisah menyebabkan motor 3 fasa untuk 2 macam putaran mempunyai ukuran yang jauh lebih besar. Hal ini akan terlihat apabila dibandingkan dengan motor 3 fasa yang hanya mempunyai 1 putaran dengan daya yang sama.
Pada motor dahlander kecepatan tinggi hubungan yang digunakan adalah hubungan bintang (Y). Hubungan ini akan menghasilkan pembentukan kutub yang lebih sedikit, sehingga akan diperoleh putaran motor yang lebih tinggi.
Pada motor dahlander kecepatan rendah hubungan yang digunakan adalah hubungan Segitiga (delta). Dengan hubungan ini jumlah kutub yang dihasilkan lebih banyak, yang berarti putarannya akan rendah.
Motor listrik 3 fasa jenis dahlander model DSDM-3 ini terbagi atas 2 kecepatan yaitu putaran rendah dan putaran tinggi. Untuk putaran rendah sampai dengan 850 Rpm dan untuk putaran tinggi sampai dengan 1725 Rpm.
Adapun rumus yang dipergunakan sehubungan dengan percobaan ini antara lain. Pout = watt dan η = x100%


 http://aswarkeong.blogspot.com/2011/04/motor-dahlander-3-fase.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar